Thursday, February 19, 2009

Mahyuliansyah, Apa kabarmu?

 
Teman Tapi Lama

Yuliansyah, Ristiawan, Imam, Sukamto (Urut dari kanan), Foto kenangan jaman perjuangan ini kayaknya diambil di RSUD Kodya Yogyakarta tahun 1994, Tk II praktek kebidanan. Praktek kebidanan adalah yang paling menyebalkan dan sekaligus menyenangkan, gimana tidak? kita dituntut untuk bisa menolong persalinan normal minimal 3kasus.

Suatu hari saya praktek kerja malam, mulai jam 21.00, dari yang jaga sore dapat kabar gembira bahwa di kamar bersalin ada ibu muda mau melahirkan anak pertamanya, ini yang menyenangkan...kok bisa? ya.. berarti saya bisa praktek 'PD = Periksa Dalam' istilahnya touche (baca tu-se) yaitu ngobok-ngobok anunya ibu untuk mengukur pembukaan cervic berapa cm lebarnya sehingga memungkinkan kepala bayi bisa keluar ke dunia ini. Dan betapa senangnya ternyata ibu muda itu nggak keberatan kalau persalinannya di tolong oleh paramedic laki-laki, yang berarti aku bisa mempraktekan pengukuran pembukaan servik dengan bonus hangat-hangat gitu rasanya, dari pembukaan 2-6 progressnya baik, tapi kok untuk pembukaan kumplit lama sekali... aku udah mulai gelisah karena hari sudah pukul setengah 6, aku berharap bayi akan lahir jam 7 atau sebelum jam 8 pagi sebelum aku pulang. Tapi apa yang terjadi setelah semalaman nggak tidur ternyata sampai jam 8 pagipun bayi itu nggak nongol juga....eh sialan..singkat cerita temanku akhirnya yang dapat kasus itu akhirnya bayi lahir jam 10 pagi, ya nasib baik untuk kawanku.
Posted by Picasa

No comments: